Nama : Ni Putu Nirmala Dewi Widhiasih
NIM : 1705552057
Matkul : Aplikasi Sosial Media
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik Universitas Udayana
Di dewasa ini semua sudah semakin canggih, manusia jaman sekarang sudah membentuk suatu kelompok atau komunitas dengan sosial media atas dasar kesamaan hoby, minat, tujuan dan visi misi. komunitas artinya adalah kelompok sosial yang terdiri dari banyak orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dan mempunyai tujuan yang sama pula. adapun komunitas di dunia nyata (fisik) dan dunia maya (internet). yang di maksud dengan dunia nyata adalah dimana banyak orang mengadakan perkumpulan di suatu tempat dengan mendiskusikan suatu gagasan sedangkan yang di maksud dunia maya adalah banyak orang membentuk grup untuk berdiskusi menggunakan sosial media.
NIM : 1705552057
Matkul : Aplikasi Sosial Media
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
Prodi : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik Universitas Udayana
Di dewasa ini semua sudah semakin canggih, manusia jaman sekarang sudah membentuk suatu kelompok atau komunitas dengan sosial media atas dasar kesamaan hoby, minat, tujuan dan visi misi. komunitas artinya adalah kelompok sosial yang terdiri dari banyak orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dan mempunyai tujuan yang sama pula. adapun komunitas di dunia nyata (fisik) dan dunia maya (internet). yang di maksud dengan dunia nyata adalah dimana banyak orang mengadakan perkumpulan di suatu tempat dengan mendiskusikan suatu gagasan sedangkan yang di maksud dunia maya adalah banyak orang membentuk grup untuk berdiskusi menggunakan sosial media.
source : http://www.cliqworks.co.za/wp-content/uploads/2015/05/target-customer-market.jpg
Fungsi dibentuknya komunitas :
1. berdasarkan lokasi/tempat dimana komunitas ini terbentuk karena adanya interaksi beberapa orang atau kelompok dalam wilayah yang sama. contohnya seperti komunitas truna-truni di banjar.
2. berdasarkan minat dimana komunitas ini terbentuk karena adanya interaksi antara orang-orang yang memiliki minat yang sama. contohnya seperti komunitas futsal, sepak bola, bulu tangkis, dll.
3. berdasarkan tujuan/visi misi dimana komunitas ini terbentuk karena adanya interaksi antara orang-orang yang memiliki ide-ide tertentu. contohnya seperti komunitas peduli sosial.
4. berdasarkan strategi pemakaian dimana komunitas ini terbentuk karena kesamaan strategi pemakaian sosial media untuk beberapa tujuan tertentu. contohnya seperti komunitas online shop atau jual beli.
5. berdasarkan hoby dimana komunitas ini terbentuk karena adanya interaksi antara orang-orang yang memiliki hoby yang sama. contohnya diantaranya sebagai berikut :
- Komunitas Layang-layang, yaitu seseorang yang menyukai jenis layang-layang dalam berbagai bentuknya. dan juga mengadakan lomba layang-layang. biasanya mereka tidak hanya mendiskusikan melalui sosial media tetapi juga melalui perkumpulan dan juga bekerja sama untuk membuat layang-layang tersebut.
- Komunitas pecinta motor besar, yaitu seseorang yang mengoleksi motor seperti harley davidson salah satunya. itu juga membuat mereka tertarik untuk membuat suatu komunitas atas kesamaan hoby.
kekuatan komunitas di dunia maya dan dunia nyata :
1. Dari hoby bisa menjadi kekuatan besar yaitu seperti contohnya
adalah komunitas kaskus dimana dari banyaknya pengguna kaskus di seluruh
indonesia mereka bisa mengumpulkan banyak peserta untuk membantu dalam sesuatu
hal dimana hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi orang yang sedang
membutuhkan pertolongan.
2. Dari hoby bisa menjadi bisnis yaitu seperti contohnya adalah
komunitas burung dimana para kolektor burung bisa saling memberikan tips dan
trik dalam cara merawat burung, pada komunitas tersebut juga bisa saling memperjual belikan burung yang unik yang
mereka ingin jual dengan nilai tinggi.
contoh komunitas sosial media (komunitas IT) :
1. Komunitas Marketing Internet
2. Komunitas Kaskus Region Bali
3. Komunitas grup ayo belajar Linux
5 langkah membangun komunitas sosial media :
1. memanfaatkan tagar/hastag (#)
2. aktif langsung di dalam komunitas dan hargai mereka yang terlibat di dalamnya.
3. undang konstributor atau donatur sponsor (brand/merek)
4. memberi inspirasi atau semangat.
beberapa sosial media yang sering digunakan untuk membentuk komunitas yaitu seperti line, WA, facebook dan masih banyak lagi yang lainnya. sekian dan terima kasih itulah beberapa komunitas sosial media yang saya ketahui.
DAFTAR PUSTAKA :
Materi kuliah Aplikasi Sosial Media pertemuan ketiga tentang komunitas sosial media bimbingan dosen I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar